Resep Masakan Sehat untuk Anak

by admin. 8 Comments

Makanan minuman sehat untuk anak  sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang si kecil, bahkan sebagai bekal pendidikan hidup sehat sampai dewasa kelak.

Ada 3 hal terpenting  dalam menyajikan makanan sehat :

1. Bersih

Dengan mengolah sendiri makanan dan minuman si kecil, kita dapat mengontrol sepenuhnya kebersihan sajian yang diberikan kepada si kecil.

2. Tidak Rusak atau Kadaluarsa.

Pastikan bahan-bahan makanan dan minuman yang akan kita buat tidak dalam keadaan rusak, busuk, berjamur, atau kadaluarsa. Bila ingin menggunakan produk daging, pilihlah yang berwarna merah segar ( bukan kebiru-biruan ). Bila menggunakan produk sayur, pilihlah yang masih benar-benar segar ( bukan layu atau kehitam-hitaman ). Dan bila ingin menggunakan produk olahan ( sosis, keju, dll ), perhatikan selalu tanggal kadaluarsanya dan keutuhan kemasannya.

3. Alami

Sedapat mungkin pergunakanlah bahan-bahan makanan dan minuman yang alami.

Dunia serba instan sekarang ini menawarkan banyak hal yang serba mudah dan murah, termasuk makanan dan minuman. Berbagai macam zat kimia ditambahkan ke dalamnya secara tidak bertanggung jawab oleh produsen yang ingin mengeruk keuntungan secara berlebihan. Akibatnya, anak-anak kesayangan kitalah yang menjadi korbannya.

Tapi kata orang, makanan yang benar-benar sehat biasanya rasanya kurang enak, sehingga kurang disukai oleh anak-anak. Benarkah ?

Sekarang ini sudah banyak diterbitkan resep-resep masakan sehat sekaligus enak rasanya dan praktis membuatnya. Ini contohnya ( klik )

Resep-resep yang disajikan di sini menggunakan bahan-bahan sehat, tanpa tambahan zat kimia (bahkan vetcin/ msg  pun tidak ditemui di sini). Ada tips-tipsnya juga di sini. Dan tidak perlu kuatir dengan rasanya, kami telah mempraktekkannya sendiri dan hasilnya lezat & nikmat. Anak-anak pasti suka.

Di dalam ke 2 situs tersebut telah disediakan sarana untuk kita bisa berlangganan via email atau Facebook dan untuk menyimpan file-file tersebut dalam bentuk ebook (pdf).  Ikuti saja  petunjuk di dalamnya, semuanya simple.

klik di sini !

Bagi yang memiliki account di Facebook, disediakan juga forum diskusi untuk saling berbagi resep, tips,pertanyaan, dll di fan pages ResepMasakanBunda.

Khusus bagi yang berdomisili di Bandung – Jabodetabek, ada banyak varian produk Puding dan Kue yang enak dan sehat, dan bisa dipesan dengan cara yang praktis.

8 Responses to “Resep Masakan Sehat untuk Anak”

  1. bunda ubayd says:

    tq infonya.salam kenal.

    o iya jangan lupa kunjungi blog saya y : ://aljayati.blogspot.com/

  2. Susi Wijaya says:

    Masih Adakah Kasih Itu? Mengapa Anak2 Tak Bersalah Jadi Korban– Sebar-kan Pesan Ini.

    Mengapa Jumlah Anak Yg Punya Cacat Mental Terus Bertambah Tiap Tahun-nya !

    Ada 3 macam kimia ber-bahaya yg ada pada roti yg disalah-gunakan oleh banyak produsen roti:
    1. Kimia Pengawet
    2. Kimia Pengembang
    3. Kimia Pemutih

    1. Kimia Pengawet
    Produsen roti ingin roti-nya tidak ber-jamur & tahan selama-lama-nya untuk meningkatkan keuntungan.
    Pengawet yg ditambahkan pada roti2 di Indonesia saat ini diperkirakan sampai 5 kali lipat dari pada yg dibenarkan oleh undang2. Bahkan beberapa pengawet yg dipakai bukan food grade / pengawet makanan.

    2. Kimia Pengembang
    Jaman dulu orang memakai ragi / yeast untuk membuat roti. Yeast ini bukan bahan kimia, tetapi microorganisme yg
    meng-gigit-in adonan tepung sambil mengeluarkan gas CO2 yg membuat roti mengembang pelahan2. Microorganisme ini tidak ber-bahaya karena mati setelah roti di-oven.
    Sekarang ini roti diproduksi memakai kimia pengembang dalam takaran yg banyak, supaya roti bisa diproduksi dgn adonan yg sedikit dan supaya roti bisa mengembang menjadi besar sekali & empuk dalam waktu yang singkat. Begitu kimia pengembang dimasukkan pada adonan, gelembung2 gas langsung terjadi , dan roti langsung mengembang & mem-besar ber-kali2 lipat. Kimia pengembang ini dalam jumlah banyak menyebabkan kanker(carcinogenic).

    3. Kimia Pemutih
    Karena warna asli gandum bukan putih, maka roti putih itu dibuat putih seperti kapas supaya kelihatan bersih & menarik melalui proses pemutihan dengan memakai kimia pemutih.

    Siapa Korban-nya? Mengapa Tiap Tahun Jumlah Anak Cacat Mental Terus Bertambah!
    Bagi yg kebetulan tidak tahan / allergi terhadap kimia2 tersebut, kimia2 yang ada pada roti selain menyebabkan kanker (carcinogenic), menyebabkan gangguan syaraf, ADHD hyperactive, keterbelakangan, gangguan syaraf, cacat otak, IQ rendah, dll. Karena susunan syaraf anak kecil atau bayi masih rentan, roti yang mengandung banyak bahan kimia berlebih ini tidak disarankan bila dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui & anak kecil.

    Jangan egois dan tutup mata terhadap bertambah-nya jumlah anak cacat mental. Ambil tindakan untuk mengurangi-nya & tunjuk-kan kalau masih ada sedikit kasih di hati anda. Sebar luas-kan pesan ini.

    Wikipedia: Bread Improver (http://en.wikipedia.org/wiki/Bread_improver )
    two ingredients commonly used in bread improvers were singled out as causing harm to those who ate the bread. Calcium propionate (Preservative 282) was linked to Attention-Deficit Disorder among children. Potassium bromate was also singled out as being potentially carcinogenic.

    Wikipedia: White Bread ( http://en.wikipedia.org/wiki/White_Bread)
    white flour is often bleached using potassium bromate or chlorine dioxide gas to remove any slight yellow color and make its baking properties more predictable. Bleaching gives white flour a far longer shelf life .

  3. asti says:

    anak saya berusia 22bulan pada bulan ini,tetapi saya tidak dapat mengontrol makananya karena saya harus bekerja dan anak saya titi2pkan pada ibu,bagaimana supaya saya dapat mengontrol makananya????supaya dia tidak asal makan,makanan yang tidak sehat

Leave a Comment